Penyebab HP kalian cepat habis baterai



Baterai adalah sumber daya utama bagi banyak perangkat portabel seperti hp. Agar dapat digunakan berkali-kali, jenis baterai yang digunakan oleh perangkat ini adalah yang dapat diisi ulang. Beberapa baterai hp model lama dapat dicabut dan diganti jika sudah rusak. Sedangkan saat ini banyak smartphone yang sudah mengadopsi fitur baterai yang tidak dapat dilepas (non-removable).


Meskipun sebuah hp memiliki ukuran baterai yang besar (dihitung dalam mAh), belum daya tahan baterainya bagus. Terdapat beberapa penyebab baterai hp cepat habis, utamanya disebabkan oleh beberapa fitur atau aplikasi hp yang terus berjalan di belakang layar atau tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab baterai hp cepat habis lengkap dengan bagaimana menanggulanginya agar daya baterai lebih baik.
1. Tingkat kecerahan terlalu tinggi 
   Saat berada di luar ruangan yang cerah, kadang kita harus menaikkan tingkat kecerahan layar hp kita. Gunanya tak lain agar kita dapat membaca layar dengan mudah. Ternyata hal ini adalah salah satu penyebab utama mengapa daya baterai lebih cepat terkuras.
Untuk meminimalisir hal ini, segera atur kembali tingkat kecerahan hp kita serendah mungkin (cukup untuk bisa membaca layar di dalam ruangan) setelah aktivitas di luar ruangan selesai. Jika tidak ingin ribet mengatur-atur, gunakan saja fitur kecerahan layar otomatis yang akan berubah sesuai kondisi pencahayaan di sekitarnya.
Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai adalah dengan segera mematikan layar hp setelah berhenti menggunakannya.
2. GPS selalu nyala
     GPS yang terus-terusan aktif juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai hp cepat habis. Jika fitur ini tidak dimatikan, sistem akan terus bekerja melacak lokasi di mana kita berada (saat terhubung ke internet). Fitur ini memang sangat berguna bagi sebagian pengguna sehingga diaktifkan terus sepanjang hari.
Beberapa aplikasi membutuhkan GPS untuk dapat bekerja, seperti Google Maps saat kita hendak mencari sebuah lokasi. Jika hal ini sedang tidak dibutuhkan, pastikan untuk mematikan GPS dan menutup aplikasi tersebut.
pasang iklan

3. Berlebihan menggunakan aplikasi

Beberapa aplikasi hiburan seperti video dan music streaming bisa sangat menguras daya baterai jika digunakan berlebihan. Begitu juga dengan bermain game-game bergrafis berat, jika kita terlalu lama menggunakannya, maka baterai hp kita bisa cepat terkuras. Sedangkan contoh aktivitas yang dapat menguras cukup banyak baterai jika dipakai berlebihan adalah tethering.

Jadi, bagaimana caranya agar baterai hp kita lebih hemat? Misalnya, jika ingin membaca sebuah berita atau mencari informasi, kamu bisa membaca daripada menonton video. Juga, hindari bermain game untuk jangka waktu yang lama, karena selain dapat menguras daya cukup cepat, hal itu juga dapat membuat masa pakai baterai lebih cepat menurun.

4. Digunakan pada suhu yang panas

Cuaca dan suhu udara juga berpengaruh pada hp. Jika digunakan pada suhu udara yang panas maka bisa menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis. Saat sedang menggunakan hp sebaiknya, hindari kontak langsung dengan matahari. Selain membuat hp panas dan baterai cepat habis, paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak layar sentuh pada hp Anda.

5. Sinyal tidak stabil / susah sinyal
Sinyal yang tidak stabil bisa menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis. Pasalnya pada saat sinyal tidak stabil, akan memungkinkan hp untuk mencari sinyal secara terus menerus. Untuk mengatasi hp panas karena tidak sinyal stabil, maka gunakanlah Wi-Fi untuk mendapatkan akses internet. Anda juga bisa menggunakan Airplane mode atau mematikan data internet pada hp jika tidak diperlukan.


pasang iklan

Selain itu, pengisi daya atau charger yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai yang akhirnya berpengaruh pada daya tahannya.

Jika kedua hal ini yang menjadi penyebab utama baterai hp cepat habis, maka opsi terbaik kita adalah mengganti baterai atau charger dengan yang baru. Beberapa baterai smartphone masa kini tidak dapat kita lepas sendiri sehingga harus dilakukan oleh ahlinya di pusat layanan.
Hal yang paling penting di sini adalah dengan menggunakan produk pengganti atau aksesoris original agar kualitasnya terjamin. Meskipun produk original selalu dijual lebih mahal, tetapi apa yang kamu dapatkan bisa sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan.
Itulah beberapa penyebab baterai hp atau smartphone cepat habis plus cara mengatasinya. Kasus di atas terjadi berbeda-beda di setiap pengguna hp, jadi kemungkinan kecil semuanya terjadi bersamaan dalam satu perangkat.

pasang iklan

Posting Komentar

0 Komentar